Senin, 12 Maret 2012

[DIKBUD] Entrepreneurship for SMP Students

 

Katanya menanam jiwa kewirausahaan haruslah dimulai dari awal (dan bukan ketika Anda sudah pensiun dan bingung dengan merosotnya penghasilan Anda). Jika Anda berpikir bahwa wawasan tentang kewirausahaan harus dimulai sejak mahasiswa melangkahkan kakinya masuk ke kampus mereka maka Anda benar. Sudah sangat terlambat jika wawasan kewirausahaan baru diberikan ketika mereka sudah menjadi sarjana dan sudah lelah mengejar pekerjaan ke sana ke mari. Mahasiswa harus sdh diberi bekal ttg kewirausahaan sejak awal semester dan terus dipompakan ke benak mereka selama kuliah.
Tapi itu juga sebenarnya juga sudah terlambat.
Wawasan tentang kewirausahaan dan pemupukan mentalitas wirausaha semestinya sudah dimasukkan ke benak anak-anak sejak masih di sekolah dasar atau sejak SMP. Mereka harus sudah dikenalkan dengan entrepreneurship sejak kecil agar mereka mampu memiliki cita-cita yg tinggi utk berhasil di masa depan. Jika sejak SD atau SMP mereka telah melihat contoh orang-orang yg berhasil sebagai entrepreneur maka itu akan membuat mereka memiliki cita-cita menjadi seorang entrepreneur yg sukses juga. Dan itu akan lebih dahsyat karena telah tertanam di kepala mereka sejak kecil! Dengan menunjukkan contoh-contoh orang sukses di dunia dan di sekitar mereka, dan apalagi mengenal sendiri seseorang pengusaha sukses yg bisa diajak para siswa berkomunikasi maka proses MODELLING akan tercipta. Dengan demikian modal mentalitas utk menjadi seorang wirausaha sukses telah dapat mereka pupuk dan tanamkan dalam diri mereka sejak di bangku SMP. Sikap jujur, bekerjasama, terbuka, cerdas, bekerja keras, dll yg dibutuhkan sudah dapat mereka pupuk sejak masih SMP. Ini tentu akan memudahkan mereka utk menjadi entrepreneur kelak.
Sebagai pendidik kita harus membantu mencarikan 'a living model' yg bisa kita tunjukkan ke mana-mana pada siswa agar mereka bisa terinspirasi dan berupaya mengikuti jejak para tokoh tersebut. (Saya sendiri sangat beruntung karena banyak membaca biografi tokoh-tokoh hebat dunia sehingga selalu terinspirasi tanpa harus bertemu secara fisik. Seandainya saya bisa bertemu secara fisik dg org-org hebat maka tentulah saya akan lebih terinspirasi)

Saya beruntung bertemu dengan mas Samsul kemarin dan mendapat ide utk menyebarkan wawasan kewirausahaan kepada siswa SMP di Jawa Timur khususnya. Kami sepakat utk memulai 'eksperimen' dg mengajarkan kewirausahaan pd siswa SMP dan akan mencoba mencari format yg paling tepat sesuai dg usia dan pemikiran mereka.
Di sini kami membutuhkan bantuan teman-teman lain yg memiliki visi dan kemauan yg sama utk membangun bangsa melalui pendidikan. Kita harus masuk ke jantungnya pendidikan yaitu di kampus-kampus dan sekolah-sekolah. Jika kita ingin mengadakan perubahan nyata pada dunia pendidikan maka haruslah dari 'pohonnya' yaitu melalui para guru mereka atau langsung pada siswanya. Banyak hal yg bisa kita lakukan.
Di sini pentingnya peran para akademikus yg bergelut di kampus utk membantu kami menyusun program 'Entrepreneurship for High School Students' tersebut. Dengan bantuan kajian ilmiah tentang masalah ini tentunya program ini akan lebih tepat tujuan.
Saya juga sudah mempertimbangkan perlunya mengajak para alumni di sekolah masing-masing utk turun membantu almamaternya utk membimbing para siswa utk berlatih menjadi entrepreneur. Alangkah dahsyatnya jika kita bisa memanfaatkan semua potensi yg ada...!

Bagaimana pendapat Anda...?!

Salam
Satria Dharma
http://satriadharma.com/

__._,_.___
Recent Activity:
Sekolah Bahasa Jepang Pandan College 021-2727-2511
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar